Ciliwung Masih Bikin Banjir, DKI Klaim Sodetan yang Diresmikan Jokowi Efektif - Metro Tempo.co



Ciliwung Masih Bikin Banjir, DKI Klaim Sodetan yang Diresmikan Jokowi Efektif

TEMPO.CO , Jakarta - Pelaksana tugas Kepala Dinas Sumber Daya Air DKI DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum menampik keraguan sodetan Ciliwung yang telah diresmikan Kepala Negara Joko  Widodo pada akhir Juli lalu mampu mengatasi persoalan banjir di Jakarta. “Dengan adanya sodetan Ciliwung justru menmemperoleh membantu mempercepat surutnya genangan dengan percepatan menurunkan tinggi muka air (TMA) Ciliwung,” kata Ika kepada TEMPO, Senin 6 November 2023. 

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Dewan Perwakilan Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat sebanyak 54 RT terendam banjir pada Sabtu hingga Minggu, 11-12 November 2023. Wilayah puluhan RT itu terendam banjir, sebagian karena luapan Kali Ciliwung, dampak hujan intensitas melakukan hingga lebat di Jakarta dan Bogor pada Sabtu siang hingga malam.

Ika mengklaim, salah satu faktor yang membuat banyak wilayah banjir adalah curah hujan tinggi. “Curah hujan, baik itu dari hulu maupun dari lokal sendiri," katanya sambil menambahkan, "Kemudian masalah kapasitas kemampuan infrastruktur terhadap intensitas hujan yang terjadi.”

Ika menyatakan kalau sejak awal 2023, pihaknya telah melakukan pengerukan baik di sungai maupun waduk yang ada di DKI Jakarta. Selain itu, Dinas SDA juga juga telah bersiaga Berhubungan dengan menyiapkan pompa-pompa, baik stasioner maupun yang mobile.

Iklan

“Dinas SDA memiliki 578 unit pompa yg tersebar di 202 lokasi di lima wilayah pemerintah provinsi DKI Jakarta,” ucap Ika. Tak hanya mempersiapkan peralatan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan BPBD DKI Jakarta maupun wali kota di 5 wilayah administrasi kota DKI Jakarta untuk penanggulangan banjir.

Pilihan Editor: Detik-detik Kematian Korban Penculikan Anggota Paspampres, Sempat Minta Minum 2 Kali


https://www.gimmehow.com/2023/05/how-to-create-budget-and-stick-to-it.html

Search This Blog