AS-Inggris Bikin DK PBB Gagal Sepakati Resolusi Gencatan Senjata Gaza



New York

-

Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) kembali gagal mencapai konsensus soal rancangan resolusi yang bertujuan menghentikan perang JumAwang-awang Israel dan Hamas di Jalur Gaza. Amerika Serikat (AS) dan Inggris menentang rancangan resolusi itu karena menyebut soal gencatan senjata.

Seperti dilansir CNN, Selasa (7/11/2023), kegagalan menyepakati resolusi soal situasi perang di Jalur hijau Gaza itu terjadi saat Dewan Keamanan PBB menggelar sidang tertutup pada Senin (6/11) waktu setempat. Sidang itu diharapkan menghasilkan resolusi penting soal perang dan krisis kemanusiaan di Jalur hijau Gaza.

"Belum ada kesepakatan pada saat ini," tegas Wakil Duta Besar AS bagi PBB, Robert Wood, dalam pernyataannya.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Rancangan resolusi yang dibahas dalam sidang tertutup pada awal pekan ini disusun oleh kelompok E-10, yang terdiri atas 10 Rekan senegara anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB.

Namun, AS dan Inggris yang sama-sama merupakan anggota tetapi Dewan Keamanan PBB, dan memiliki hak veto, menentang rancangan resolusi tersebut.

Negara-negara Barat, khususnya AS dan Inggris, menolak untuk menyertakan seruan gencatan senjata segera di Jalur hijau Gaza dalam rancangan resolusi tersebut. Padahal seruan gencatan senjata telah didukung oleh beberapa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Keamanan PBB lainnya.

AS, yang merupakan sekutu dekat Israel, lebih mendorong adanya 'jeda kemanusiaan' dibandingkan gencatan senjata di Jalur hijau Gaza, meskipun mereka belum menentukan berapa lama jeda dalam pertempuran akan diberlakukan.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.

Tonton Video: Massa Blokir Kapal Militer AS Diduga Bawa Senjata bagi Israel

[Gambas:Video 20detik]


https://www.gimmehow.com/2023/05/how-to-drive-luxury-car-tips-for.html

Search This Blog