Tuesday, December 8, 2015

Peta Jalan Hilirisasi Rumput Laut Terbit Januari 2016

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sedang mengumpulkan masukan dari asosiasi dan pengusaha rumput laut domestik untuk merumuskan satu peta jalan nasional hilirisasi industri rumput laut. Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP Slamet Subjakto menjelaskan, KKP telah menyiapkan peta jalan ini, termasuk rencana pengolahan rumput laut mentah, pembangunan gudang penyimpanan, dan penyiapan bahan bakunya sendiri.

"Tapi road map (peta jalan) rumput laut itu ya integrasi hulu dan hilir. Tiap-tiap asosiasi soalnya juga punya dan kita akan integrasikan nanti jadi roadmap nasional. Kita akan ketemu nanti," ujar Slamet, di Jakarta, Selasa (8/12).

Slamet menyebutkan, peta jalan ini akan rampung dan siap disosialisasikan pada Januari 2016 mendatang. Salah satu kendala penyusunan peta jalan ini, kata Slamet, adalah masing-masing pihak yang memiliki masukan yang ingin diimplementasikan dalam peta jalan. Karena hal inilah, baik asosiasi maupun pemerintah belum mencapai titik temu.

"Asosiasi-asosiasi mereka ada sendiri (peta jalan). Asosiasi industri punya, asosiasi pembudidaya punya, pemerintah juga punya. PDS (peningkatan daya saing) punya. Suatu saat akan kita kumpulkan seluruh roadmap jadi satu," katanya.

Slamet menambahkan, dengan adanya hilirisasi industri rumput laut diharapkan peningkatan nilai tambah akan memberikan pendapatan yang lebih baik bagi nelayan. Syaratnya, fasilitas pengolahan sudah harus dibangun terlebih dahulu. Dia mencontohkan, rumput laut mentah dengan harga Rp 6.000 per kg saja bisa meningkat harganya menjadi Rp 50 ribu per kg setelah melalui proses pengolahan.

"Selain itu ekspor bisa ditekan khusus untuk bahan bakunya. Karena bahan baku kita melimpah sekali, sehingga kita belum bisa menghentikan ekspor secara total. Karena kasihan budidaya dia nggak bisa jual sementara pengolahan kita terbatas," katanya.

Baca juga: Dana Miliaran untuk Tekan Harga Pakan Ikan

Peta Jalan Hilirisasi Rumput Laut Terbit Januari 2016 Rating: 4.5 Posted by: Unknown

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive