Monday, December 7, 2015

Ini Jawaban CEO XL Atas Proyek Google Loon

JAKARTA – Project Loon tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan operator Indonesia beberapa waktu terakhir. Usai kunjungannya ke San Fransico, California, beberapa waktu lalu, apakah XL tertarik untuk mengkomersilkan Google Loon di masa mendatang?

Dalam wawancaranya khusus kepada Okezone, Senin (7/12/2015), CEO XL Dian Siswarini menyatakan bahwa pihaknya sebenarnya hanya mengikuti technical trial di Amerika Serikat, Oktober silam. Belum ada kesepakatan ataupun pembicaraan soal komersialisasi.

"Kenapa XL mau ikut technical trial? Karena kita melihat ada kemungkinan bahwa Google Loon ini bisa menjadi teknologi yang memberikan terobosan untuk menjangkau area-area terestrial," tambah Dian.

"Indonesia adalah negeri kepulauan yang besar, banyak area-area yang tidak bisa di-cover dengan kabel. Kalau pakai satelit, kapasitasnya terlalu kecil. Jadi kalau Google Loon ini bisa meng-cover daerah-daerah seperti itu, dengan ekonomis dan dengan model yang lebih menarik, kenapa nggak?," lanjut Dian.

Dian juga menambahkan bahwa Google tidak akan menghilangkan posisi operator mana pun yang nantinya akan menggunakan project Loon. Ini karena kebijakan Kominfo yang tidak akan memberikan landing rights pada balon Google.

"Yang diributkan banyak orang apakah itu nantinya akan menghilangkan posisi kita? Google tidak akan diberikan landing rights sehingga mereka harus bekerja sama dengan operator. Jadi yang nantinya punya hubungan dengan konsumen adalah kami. Mereka hanya punya infrastruktur, tapi tetap harus bersama kita," tuturnya.

Ini Jawaban CEO XL Atas Proyek Google Loon Rating: 4.5 Posted by: Unknown

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive